LOADING

NEWS

Metode Non Destructive Test (NDT)

Inilah 3 Jenis Metode Pengujian NDT yang Paling Sering Dipakai

2018-08-13 14:35:55

setiap material yang digunakan dalam proses industri harus melewati beberapa tahap pengujian salah satunya adalah uji tanpa merusak atau non destructive test ( ndt ) .

Secara definisi, non destructive test adalah pengujian yang dilakukan untuk meng menganalisa adanya cacat pada material tanpa merusak struktur pada material tersebut.

Bukan itu saja, ndt juga sangat penting dalam industri karena dapat menganalisa karakteristik dan juga melakukan pemeriksaan kondisi material ketika sebelum ataupun sesudah melewati tahapan produksi, sehingga jika terjadi kerusakan atau cacat bisa langsung diketahui.

lain halnya dengan metode destruktif atau uji dengan merusak material. Metode ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena material yang diuji mengalami kerusakan. Sedangkan pengujian non destructive test tidak merusak material sama sekali sehingga bisa digunakan kembali untuk proses produksi.

beberapa bidang industri yang menggunakan metode NDT adalah otomotif, manufaktur, infrastruktur, dan aerospace. Beberapa kasus dalam pengujian ndt yaitu untuk menganalisa atau menguji cacat Pada sambungan las material industri udah juga pendeteksi adanya cacat pada permukaan pipa.

Beberapa metode ndt yang sering dipakai adalah Ultrasonic testing, Eddy current, Ultrasonic contact impedance dan rebound. sebenarnya uji keras atau hardness test juga termasuk salah satu metode ndt karena pengujian tersebut tidak merusak material yang diuji.

berikut ini tiga metode pengujian ndt yang paling sering digunakan:

Ultrasonic testing ( UT)

pengujian ini memanfaatkan perambatan gelombang ultrasonik untuk menganalisa adanya cacat pada material yang diuji. sistem kerjanya sangat sederhana yaitu biarkan gelombang ultrasonik pada material melalui transduser dan gelombang diterima lewat receiver.

Ultrasonic Testing

cacat pada material akan terdeteksi jika terjadi perbedaan rambatan pada gelombang yang dipancarkan dengan gelombang yang diterima. Alat yang dapat digunakan untuk melakukan pengujian ini yaitu Ultrasonic flaw detector.

Hardness Testing

pada dasarnya setiap material mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda sehingga dibutuhkan suatu pengujian untuk menentukan nilai kekerasan pada setiap material dengan akurat.

Hardness Test

Pengujian ini disebut uji kekerasan atau hardness testing. untuk melaksanakan pengujian ini dibutuhkan alat bantu yang disebut hardness tester. Ada dua jenis hardness tester yaitu portable hardness tester dan Bench hardness tester.

Eddy Current Testing

Eddy current testing merupakan suatu pengujian yang menggunakan prinsip dasar elektromagnet. metode pengujian ini sebenarnya sangat sederhana yaitu dengan mengalirkan arus listrik untuk membentuk medan magnet di dalam material yang diuji. Eddy current testing juga bisa digunakan untuk mengukur nilai kekerasan dan juga ketebalan material.

 

Eddy Current Testing

Ketiga pengujian NDT diatas masih sering dilakukan dan digunakan hingga saat ini, namun alat yang digunakan mengalami perkembangan dengan berbagai penambahan fitur dan teknologi di dalamnya. Jika Anda berminat untuk melakukan pengujian NDT yang didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman silakan kunjungi website : Testindo.com